Tidak semua bising menandakan adanya katup jantung yang menyempit

Darah yang mengalir sangat deras ke dalam suatu ruang jantung-pun dapat menghasilkan bising. Bising semacam ini dinamakan bising fisiologik.

Pada bising jantung, kita harus memperhatikan :

(a) Hubungan bising dengan siklus jantung. Sambil palpasi nadi karotis, kita mendengarkan bunyi jantung yang mana yang merupakan BJ 1 dan yang mana BJ 2. Bilamana masing masing bunyi jantung sudah dikenal, maka tempat bising dalam siklus jantung dapat dipastikan, yaitu apakah bising itu ffi$,t atau ffi..B. Kemudian harus juga dapat ditentukan tempat bising dalam fase diastolik atau fase sistolik; apakah timbulnya pada permulaan, pertengahan, akhir atau berlangsung sepanjang sistolik atau diastolik seluruhnya (“kontinu’i).

manheartbeatts(b) Perobahan bising karena pengaruh respirasi. Pengisian darah bagi jantung kanan akan meningkat pada firytr sedangkan pengisian darah bagi jantung kiri berkurang. oleh karena itu bising yang berasal dari jantung kanan akan mengeras pada inspirasi.  sebaliknva, bahwa bising itu berasal

(c) Pada tempat manakah bising terdengar paling keras dan bagaimana penjalarannya. Biasanya bising yang bangkit pada suatu katup jantung akan terdengar paling keras pada daerah auskultasi yang bersangkutan. Akan tetapi dari pengalaman klinis ternyata bahwa hal ini tidak semudah seperti apa yang dikatakan diatas. Misalnya bising sistolik aorta pada umumnya terdengar paling keras pada tepi kanan sternum bagian atas atau didaerah mitralis.Bising diastolik aorta sering kali terdengar paling keras ditepi kiri sternum bagian bawah. Bising sistolik akibat regurgitasi (bocor ke belakang) melalui katup mitralis melainkan di daerah aorta Pada umumnya kita dapat menentukan tempat asalnya bising berdasar. kan gejala penjalaran bising.

Bising yang berasal dari aorta, meskipun dapat terdengar didaerah  mitralis juga, akan menjalar kearah arteria karotis, sedangkan bising mitralis menjalar keaksila. (d) Kualitas bising. Bising yang dibangkitkan oleh obstruksi aliran darah bunyinya kasar sedangkan bising yang bangkit akibat bocor ke belakang (regurgitasi) pada umumnya halus seperti tiupan angin. Di samping itu, bising dapat juga berkualitas sebagai “ejection”. Klik disini jika Anda ingin menemukan obat tradisional untuk penyakit gula kering yang sdah direkomendasikan ribuan dokter ahli kesehatan dunia.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *