Tiap hari, satu perokok membuat pilihan serius

Sama seperti beribu-ribu “Melissa” terdapatjuga beribu-ribu orang seperti Catherine. Catherine,pada usia 91 tahun, tinggal sendirian diIingkungan yang menyenangkan. Ia masih menikmati hidup dan mempunyai kesenangan istimewa menyaksikan cicit-cicitnya tumbuh besar. Catherine barangkali tidak akan hidup sekarang ini kalau saja ia tidak membuat keputusan bertahun-tahun silam untuk menjadi non perokok.

Keputusannya untuk berhenti merokok dilaku- kan pada usia 50-an, tetapi tampaknya telah dibayarkan dengan bunga besar. Ini merupakan tebakan mendidik. Saya tidak bisa yakin bahwa Catherine mungkin tidak hidup dan baik-baiksaja sekarang seandainya ia tidak membuat keputusan itu tetapi penelitian statistik mengindikasikan bahwa itu akan sangat tidak mungkin.

Tidak memilih untuk berhenti hari ini berarti memilih terus merangkul kebiasaan merusak yang kemungkinan membunuh, memuntungkan,atau dengan cara lain melumpuhkan Anda-lama sebelum waktunya.

Sayang sekali, seringkali tidak ada peringatan sebelum diagnosa kanker atau serangan jantung, atau bahkan patah tulang osteoporosis atau realisasi bahwa Anda terlihat 15 tahun lebih tua dari sebaya Anda yang tidak merokok.

Bolehkah saya memohon kepada Anda dengan sangat untuk berhenti bermain Rolet Rusia? Yang bermuatan peluru pastilah suatu saat muncul.

Beberapa dari Anda tidak diragukan lagiakan berkata, ‘Ya, Dokter Nedley, saya mengetahui semua yang Anda katakan itu benar. Sayaberjudi dengan kehidupan saya. Tetapi saya tidakberdaya dengan kecanduan ini.” Bagi Andayang melihat hanya pada kelemahan dan kegagalan Anda, jangan takut-Anda bisa berhasil.

Ikuti petunjuk yang diberikan dalam bab ini;hal itu akan membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Juga pastikan membaca Bab 18, “Mengatasi Kebiasaan Buruk dan Kecanduan.”

Jika Anda telah menjalani jalur itu dan kurangyakin pada pendekatan ini, perkenankansaya memberi saran lain: ambil waktu seminggulibur dan daftarkan diri Anda dalam programmenginap untuk gaya hidup yang baik. Centers for Disease Control telah mencatat: riset terbatas yang tersedia menunjukkan bahwaini [program menginap untuk berhenti merokok bisa cukup efektif.

Faktanya, saya bisa dengan sepenuh hati merekomendasikan pusat semacam itu di daerah saya. The Lifestyle Centerof America di Sulphur, menarik orang dari seluruh negeri mendapat manfaat program menginap mereka yang termasuk berhenti merokok.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *