Sejauh ini diabetes merupakan penyakit akibat metabolisme abnormal yang paling umum dijumpai

Jika kadar gula darah turun, maka produksi dan pengeluaran insulin terhenti, dan semua proses berjalan terbalik gula dilepaskan dari tempat penyimpanan, bukannya ditimbun dalam orot dan hati; lemak dipecah dan asam lemak dibebaskan; dan protein dipecah bukan dibentuk.

Insulin berfungsi sebagai polisi lalu lintas yang meng tur zat gizi menuju tempat penyimpanafl atau digunakan untuk pertumbuhan. Jika kadar insulin rendah maka lalu lintas akan bergerak ke arah yang berlawanan dengan melepaskan energi dari tempat penyimpanannya. Hal ini teriadi pada orang yang sehat. Jika sesuatu menggarrggu sistem yang canggih ini, maka akan teradikekacauan.

Diabetes Tipe 1 dan 2

Bentuk diabetes yang paling sering dijumpai adalah tipe 1 dan ttpe 2. Walaupun keduanya memiliki penyebab yang berbeda, dan menyerang kelompok orang yang berbeda, keduanya memiliki tiga kesamaan. Pertama, diabetes tipe 1 dan tipe2 ditandai dengan kelainan metabolisme, termasuk tingginya kadar gula danh, serta meningkatnya hasil pemecahan zat-zat yang dilepas dad tempat penvimpanan. Llhat tabel 11.

Kedua, penurunan pelepasan insulin atau kepekaan terhadap insulin merupakan akibat dari kelainan metabolisme tersebut. Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin atau hanya dalam jumlah yang sangat sedikit karena pulau-pulau penghasil insulin terganggu atau rusak. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan insulin yang meningkat karena kondisi yang disebut resistensi insulin

Ketiga, kedua tipe diabetes ini dapat menimbulkan komplikasi jangka panjang vang memengaruhi pembuluh darah halus di mata, ginjal, dan sistem saraf. Komplikasi ini berhubungan dengan tingginya kadar gula daruh dalam jangka waktu lama dan dapat mengakibatkan kebutaan, gagal ginial, borok di kaki dan amputasi, seta disfungsi organ Tainnya. Kedua tipe diabetes tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kadar gula darah yang sarrgat tinggi dalam jangka pendek, iika tidak ditangani dapat menvebabkan dehidrasi akut dan mengakibatkan penurunan kesadaran, koma, bahkan kematian. Meskipun memiliki kesamaan, kedua tipe diabetes ini cukup berbeda dari berbagai segi. Diabetes tipe 1 biasanya diderita oleh anak-anak dan dewasa muda (dulu disebut diabetes pada remaia atau juuenile:-onset diabetes) dan memedukan pengobatan insulin untuk dapat bertahan hidup (diabetes tipe 1 disebut iuga diabetes yang tergantung pada insulin).  info lengkap atasi diabet klik http://obatpenyakitdiabetes.org/obat-penyakit-gula-kering-yang-paling-ampuh/

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *