Ramuan Buatan Sendiri: Mengobati dan Mencegah Sinusitis

Obat-obatan medis memang dapat membantu, namun dalam banyak kasus sinusitis – mungkin sebanyak dua dari tiga – dapat sembuh sendiri tanpa perawatan medis. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk meringankan ketidaknyamanan. Jika Anda rentan terhadap sinusitis, banyak cara ini yang juga akan membantu Anda mencegah sinusitis.

  • Melembabkan. Mulai menggunakan humidifier di ruangan di mana Anda banyak menghabiskan waktu. Pastikan untuk melakukan pembersihan secara teratur dengan mengikuti petunjuk dari pembuat produk. Jika Anda menggunakan filter yang kotor, itu sama saja dengan menyemprotkan lumut/jamur ke udara.
  • Hirup uap. Anda dapat menyalakan air hangat dari shower di kamar mandi dan duduk di kamar mandi lalu bernapas dalam-dalam. Uap dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan bengkak.
  • Terapkan panas hangat. Tempatkan/tempelkan handuk basah hangat di wajah Anda. Mungkin bisa membantu mengurangi beberapa tekanan.
  • Gunakan larutan garam untuk hidung. Meskipun mereka tidak mengandung obat-obatan, mereka tetap dapat membantu menjaga saluran hidung Anda tetap lembab.
  • Siram keluar sinus Anda. Irigasi hidung – dengan air garam – dapat membersihkan lendir (dan sampah lainnya) dan menjaga sinus Anda tetap lembab. Ada sejumlah cara untuk melakukannya, mulai dari jarum hingga neti pot dengan harga yang mahal. Gunakan suling steril, atau alat yang telah direbus terlebih dahulu untuk melakukan solusi irigasi. Dan juga penting untuk membilas perangkat setelah digunakan dan simpan di tempat terbuka dengan udara kering.
  • Minum banyak cairan. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir, mengurangi penyumbatan pada sinus Anda. Namun, mengurangi konsumsi alkohol Anda – akan benar-benar dapat membantu mengurangi pembengkakan.
  • Istirahat. Bila Anda punya infeksi sinus, cobalah untuk tidak beraktifitas berlebihan. Usahakan untuk banyak tidur dan memberikan tubuh Anda kesempatan untuk pulih.
  • Jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan OTC. Dekongestan dan obat penghilang rasa sakit dapat membantu sampai titik tertentu. Hanya saja Anda harus ingat bahwa penggunaan berlebihan beberapa obat-obatan ini dapat benar-benar membuat gejala sinusitis menjadi lebih buruk.

Bagi beberapa orang yang menderita sinusitis,  perawatan rumah saja mungkin sudah cukup, namun cara ini tidak dapat mengatasi semua kasus. Jadi, jika Anda sudah mengalami gejala sinus selama lebih dari beberapa hari – atau mereka sangat parah – segera periksakan diri ke dokter Anda. Ingat bahwa semakin cepat Anda memulai pengobatan yang tepat untuk masalah sinus Anda, semakin cepat Anda akan merasa lebih baik lagi.

Untuk ingin tau lebih lanjut tentang sinusitis dan tips pengobatannya bias di liat di http://gluteracare.com/herbal-melia-propolis/

Recent search terms:

  • humidifier buatan sendiri
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *