Pengguna niasin dalam jumlah besar benar-benar menggunakan obat-bukan sekadar vitamin

Sebagaimana obat-obatan lainnya, niasin  dalam dosis besar bisa mempunyaiefek yang diinginkan, tapi juga membawa efek yang tidak disukai. Faktanya, suatu karya ilmiahbaru-baru ini tentang niasin menyimpulkannya dengan ucapan berikut: “Sayangnya, riwayat efeksampingan dari zat ini [niasin] menganjurkan penggunaannya hanya pada pasien dislipidemiayang parah [emak darah yang sangat buruk] dimana efek sampingan dan potensial racunnya dimonitorketat.”eKelompok vitamin B, termasuk niasin itularut dalam air dan dengan demikian mudah dibuang.Untuk alasan ini, banyak orang yang kurangmendapat pengetahuan biokimia mengirabahwa tubuh mereka akan membuang kelebihanniasin dan tidak akan membahayakan. Akan tetapi,ini sangat keliru.

Vitamin B lainnya bisamenyebabkan masalah bila berlebihan. Asam folatyang beriebihan bisa menyebabkan insomniadan gangguan mental lainnya. Vitamin 86 (piridoksin)dalam jumlah besar bisa memperburuk penyakit Parkinson dan menyebabkan masalahsyaraf lainnya.toVitamin C, vitamin larut air lainnya, bisamenambah risiko batu ginjal bila dikonsumsiberlebihan.lr Bisa juga menyebabkan diare dan kejang perut.12 Mereka yang dengan tiba-tiba berhentimakan dosis vitamin C lebih besar dari500 mg per hari berisiko kekurangan vitaminC-tampaknya karena tubuh menjadi tergantungpada vitamin dengan dosis lebih tinggi.13 Gusimereka akan mudah berdarah ketika menggosokgigi. Gambar 3 mencantumkan beberapa masalahyang disebabkan oleh jumlah berlebihan darivitamin larut dalam air. Vitamin larut lemak seperti vitamin A, D,E, dan K, lebih sulit dibuang oleh tubuh.

Banyak orang sudah mengkonsumsi sejumlah kecilvitamin A dalam suplemen dan akibatnya jatuh sakit. Dosis vitamin A 25.000 IU per hari (sekitar5 kali jumlah yang diperlukan untuk mencegahkekurangan vitamin) bisa menyebabkan masalahbermacam-macam seperti masalah hati, sakit kepala,rambut rontok, kulit kering, sakit tulang,dan sakit sendi.ra Wanita hamil yang mengkonsumsilebih dari 10.000 IU Gambar 3 vitamin menambah risiko anak yang dikandungnya mengalami kelainanlahir. Kelebihan vitamin D bisa menyebabkan masalah berat dengan mengganggu keseimbangan kalsium dalam tubuh, dan bisa mengarah pada timbunan kalsium dalam darah (disebut hiperkalsemia). Kondisi ini bisa menimbulkan apa saja mulai dari gejala-gejala ringan sampai yangmengancam jiwa. Daftar masalah yang berkaitan termasuk mual, muntah, lelah, bingung, tekanandarah tinggi, gagal ginjal, dan koma.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *