Kemasan | Penjelasan, Manfaat, Jenis dan Tujuannya

Apa sih Kemasan Itu? | Kemasan adalah wadah atau pembungkus yang dapat berguna untuk mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan pada benda atau bahan yang dikemas . Oleh sebab itu, benda yang benda yang dikemas akan memilki resiko kerusakan lebih sedikit jika di bandingkan dengan barang atau produk tanpa kemasan.

kemasan produk

Yup,,yang pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “kemasan” ini. Karena jika anda membeli sesuatu produk ataupun barang dari baik di toko online maupun offline pastinya anda akan mendapatkan kemasan dari produk yang anda beli.

Manfaat Kemasan Produk

1. Bagi Produsen

Manfaat dan tujuan adanya kemasan bagi produsen suatu produk :

  • Sebagai syarat keamanan dan kelayakan produk
  • Sebagai pelindung produk dalam pendistribusian ke konsumen
  • Sebagai pendukung program pemasaran, karena dengan kemasan pula konsumen akan mengetahui identitas suatu produk
  • Sebagai salah satu cara produsen dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.
  • Agar produk yang dikemas lebih bersih, menarik, dan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh
  • Sebagai pemikat untuk menarik perhatian konsumen dan menambah nilai jual tersendiri

2. Bagi Konsumen

Manfaat dan tujuan adanya kemasan bagi konsumen :

  • Kemasan dapat menyediakan informasi produk yang di butuhkan konsumen
  • Kemasan dapat membuat pembeli tidak akan membeli barang secara berlebihan
  • Dapat melindungi barang atau produk yang di beli dari kerusakan
  • Kemasan yang telah digunakan dapat dipakai untuk berbagai keperluan lainnya
  • Kemasan membuat barang yang menjadi lebih mudah untuk dibawa pulang

Jenis – Jenis Bahan Pembuat Kemasan

Ada beberapa jenis bahan untuk membuat kemasan . Namun yang paling umum kita jumpai yaitu kemasan berbahan kertas, kayu, dan plastik. Berikut merupakan sedikit penjelasan mengenai beberapa bahan tersebut:

1. Kemasan Kertas
kemasan produkKemasan kertas adalah salah satu kemasan yang juga sering kita jumpai karena kemasan ini fleksibel dan mudah di bentuk. Saat ini kemasan kertas masih banyak digunakan dalam berbagai keperluan pengemasan barang, Karena kemasan kertas ini dirasa memilki harga yang lebih murah, mudah diperolehnya dan metode pengunaannya yang cukup luas. Namun, ada juga sisi kelemahan dari kemasan menggunkan kertas yaitu salah satunya tidak tahan air, mudah sobek dan juga kondisinya yang mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar seperti udara dan minyak.

2. Kemasan Kayu
kemasan kayuKemasan dari kayu ini sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu. Biasanya, kemasan kayu ini digunakan untuk mengemas barang yang padat dan berat seperti emas, keramik, dan lain sebagainya. Kelebihan kemasan dari kayu ini yaitu lebih kuat dan terhadap benturan dari luar. Dan kelemahannya yaitu kemasan kayu sangat sensitif dengan air dan juga memilki berat yang lebih sehingga akan lebih memakan budget dalam ekspedisi (pengirimannya ). Biasanya kemasan kayu ini digunakan untuk mengemas barang yang sudah dikemas sebelumnya atau sebagai pelindung luar saja.

3. Kemasan Plastik
kemasan plastikKemasan plastik merupakan kemasan yang paling sering kita jumpai saat ini karena banyaknya produsen yang memilih mengemas produknya menggunakan bahan yang satu ini. Karena kemasan plastik ini memiliki kelebihan yang tahan terhadap air dan juga lingkungan sekitar. Selain itu kemasan plastik juga tahan lama dan saking tahan lamanya kemasan plastik ini tidak dapat di urai oleh bakteri pengurai. Sehingga akan mencemari lingkungan jika tidak di olah dengan benar hasil sampah plastiknya. Kemasan plastik biasa digunakan untuk mengemas berbagai barang seperti minuman, makanan ringan dan lain-lain. Danjuga kemasan palastik mudah untuk di aplikasikan ke berbagai mesin pengemasan, seperti cup sealer, mesin pengemas sachet dan juga mesin pengemas lainnya.

Plastik banyak dipilih sebagai media pengemasan karena mudah didapat dan sangat fleksibel dalam penggunaannya. Selain dapat mengemas langsung bahan makanan, bahan plastic ini juga seringkali digunakan sebagai pelapis kertas. Plastik sendiri secara umum memilki sifat seperti berikut :

  • Bahan kemasan plastic memilki sifat tembus pandang yang baik
  • Stiffnes atau kekakuan dinyatakan dalam psi/100, ASTM 0790
  • Permeabel terhadap gas
  • Tahan terhadap segala bentuk benturan, gesekan, dll
  • Warpage : dapat dilengkungkan/dibengkokan atau bisa di sebut fleksible
  • Impact Strength atau tahan terhadap benturan
  • Tear Strength atau tahanan terhadap sobekan

Jenis – jenis kemasan plastik :

1. PE (Polyethilen)
Plastik jenis PE ini sering digunakan sebagai pengemas aneka produk olahan, sayuran, buah-buahan, mentega dan juga margarin.
2. PP (Polypropylen)
Plastik jenis PP ini mempunyai sifat tahan minyak/lemak, warna jernih/transparan dan tahan temperatur tinggi. Sering kita jumpai sebagai bahan lid plastik pada mesin cup sealer. Bahan plastik jenis ini cocok untuk sebagai pengemas rokok, roti, keripik, minyak, kacang dan dibuat tali plastik.
3. PVC (Polivinilkhlorida)
Plastik jenis PVC ini cocok untuk mengemas produk yang banyak mengandung senyawa volatil (senyawa yang mudah menguap) karena memiliki permeabilitas terhadap air dan gas yang rendah. Cocok untuk pengemasan produk segar, seperti daging ayam, sapi, dll.
4. HDPE (High Density Polyethylen)
HDPE adalah salah satu jenis dari PE namun melalui proses yang berbeda sehingga menghasilkan massa jenis yang lebih tinggi jika dibandingkan PE. Plastik jenis ini cocok untuk mengemas susu kotak karena dapat dibentuk menjadi botol kaku, aneka produk olahan, sayuran, buah-buahan, mentega dan juga margarine.
5. PET (Polyester)
Plastik jenis PET adalah polimer ester dari alcohol dan asam. PET yang dimetalisasi untuk mengemas kembang gula, produk runcing, produk beku dan juga produk hasil sterilisasi. Polyester (PET) tidak dapat dikelim panas, kecuali jika dilaminasi dengan PE.

Diatas tadi merupakan pengertian kemasan, tujuan, manfaat dan fungsi dari bahan setiap kemasan. Semoga dengan artikel kami diatas dapat membantu anda para produsen dalam memilih kemasan apa yang cocok untuk produk anda. Terima kasih telah berkunjung ke zettacrew.com dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat lainnya. Salam Sukses ^^.

Recent search terms:

  • tujuan dan manfaat dari pengemasa kertas kayu dan plastik
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *