Gejala Yang Sering Terjadi Pada Tahap Awal Kehamilan

Trimester pertama
Morning sickness merupakan gejala yang paling umum terjadi pada tahap awal kehamilan Anda, tetapi sayangnya itu tidak selalu terjadi pada pagi hari! Cara membantu meminimalkan efek morning sickness:
Makan sedikit dan sering, usahakan hanya makanan yang mendasar dan makanan ringan yang terbuat dari tepung seperti roti, bubur, biskuit polos, renyah-roti, oatcakes, pasta, nasi atau kentang.

Gejala yang sering terjadi pada tahap awal kehamilan

  • Meminimalkan makanan berlemak yang sulit untuk dicerna.
  • Pilihlah makanan yang cara pembuatannya cepat dan mudah yang perlu sedikit persiapan.
  • Menyiapkan beberapa biskuit polos di samping tempat tidur Anda.
  • Jahe.
    Gunakan jahe segar dalam memasak dan untuk campuran teh – jahe adalah anti-muntah alami sehingga dapat membantu menenangkan mual Anda.
  • Asam folat.
    Asam folat merupakan vitamin penting dari saat Anda mencoba mulai memiliki bayi sampai akhir minggu 12 (di awal) kehamilan Anda; itu sebabnya “calon ibu” disarankan untuk mengkonsumsi suplemen 400mcg harian asam folat tapi jangan lupa untuk menyertakan makanan yang kaya folat dalam diet Anda juga, seperti misalnya:
  • Sayuran berdaun hijau – kubis, brokoli, bayam, kubis Brussel, sayuran musim semi, kangkung, okra.
  • Ubi jalar, bayam & miju-miju Roald
  • Buah seperti stroberi.

Trimester kedua
Banyak ibu mengklaim ini adalah salah satu tahapan yang terbaik dalam kehamilan karena merupakan indra bayi dalam kandungan berkembang, Anda mungkin mulai melihat bagaimana bayi dalam kandungan bereaksi terhadap lingkungan mereka. Anda juga mungkin mulai merasa bahwa diri Anda berubah, misalnya mulai tidak menyukai rasa dan bau tertentu dan mulai mengidam makanan tertentu atau menjadi tidak suka pada makanan yang tadinya Anda sukai.

Perubahan ini bisa memberikan efek buruk pada diet Anda. Oleh sebab itu, rancanglah diet mingguan Anda dan juga patuhi panduan makan sehat yang tersedia, misalnya dengan memasukan dua porsi ikan dalam menu makan seminggu. Ikan yang baik, contohnya ikan salmon, mackerel, trout atau ikan sarden.

Sembelit adalah masalah yang umum terjadi selama kehamilan. Jadi pastikan Anda fokus pada makanan dari jenis gandum seperti misalnya roti gandum, sereal atau pasta serta oat, barley, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jaga asupan cairan bagi tubuhAnda misalnya dengan mengkonsumsi 1 ½ -2 liter air putih, dan juga minuman sampingan seperti teh herbal atau jus.

Trimester ketiga
Pada masa ini gangguan pencernaan dan mulas bisa timbul dimasa kehamilan Anda ini. Untungnya, meskipun bagi kebanyakan orang, ini hanya sementara, akan tetapi akandapat membatu dengan lebih sering makan dalam porsi lebih kecil, dan untuk menghindari berbaring atau membungkuk setelah makan – bahkan membungkuk untuk mencuci piring dapat memperburuk gejala sehingga Anda bisa meminta tolong orang lain dalam keluarga untuk melakukan pekerjaan itu. Makanan berlemak dan rempah-rempah juga dapat memperburuk gejala.
Kebutuhan energi Anda tidak meningkat selama trimester terakhir, Anda hanya membutuhkan tambahan 150-200 kalori per hari – yang setara dengan sekitar tiga oatcakes.
Nutrisi lain yang penting pada masa ini adalah kalsium – kebutuhan kalsium Anda berlipat ganda selama kehamilan, terutama selama sepuluh minggu pertama ketika sedang digunakan untuk memperkuat tulang bayi Anda. Meskipun demikian, Anda tidak perlu makan lebih banyak karena tubuh Anda dapat menyesuaikan dengan menyerap lebih banyak kalsium dari makanan yang Anda makan. Jadi sertakan makanan yang terbuat dari susu, dan sumber kalsium yang baik seperti sayuran berdaun hijau, ikan kaleng dengan lembut, tulang dimakan (salmon, sarden dan pilchard), almond (unsalted), aprikot kering, biji wijen, tahu, jus jeruk yang diperkaya dan kedelai yang diperkaya susu.

Anda dituntut untuk lebih peduli tentang makanan yang Anda konsumsi saat Anda sedang hamil, karena makanan tertentu dapat menimbulkan risiko yang mungkin berbahaya bagi bayi dalam kandungan Anda. Oleh sebab itu ada baiknya untuk menghindari:

  • Telur setengah matang dan setiap hidangan yang dibuat dengan bahan tersebut seperti mayones buatan sendiri, mousse dan beberapa makanan penutup
  • Kerang mentah dan daging dimasak setengah matang
  • Keju matang lembut seperti Brie, camembert, keju kambing tertentu serta keju biru seperti Roquefort.
  • Produk susu yang tidak dipasteurisasi
  • Semua paste termasuk yang terbuat dari sayuran, serta hati binatang
  • Salad seperti kentang dan coleslaw
  • Beberapa spesies ikan seperti ikan todak dan marlin, dan batasi steak tuna dan ikan berminyak lainnya seperti salmon, sarden dan makarel tidak lebih dari dua kali seminggu.
  • Beberapa negara menyarankan untuk menghindari daging asap, prosciutto dan pepperoni serta ikan asap.
  • Kafein – harus dibatasi 200mg per hari – yang 2 cangkir kopi atau 3 cangkir teh sehari.
  • Alkohol – sebaiknya dihindari selama kehamilan dan diminimalkan saat menyusui.

Nutrisi lain yang penting untuk tulang kuat dan sehat adalah vitamin D, ‘vitamin sinar matahari’. Dalam diet kita mendapatkan vitamin D dari sejumlah makanan terutama telur dan ikan berminyak serta margarin yang diperkaya dan sereal sarapan. Itulah sebabnya mengapa wanita hamil disarankan untuk mengambil suplemen 10mcg selama masa kehamilan dan saat menyusui.

Ketika seorang wanita sedang menjalani masa kehamilan tentunya juga butuh nutrisi yang banyak bagi kesehatan ibu sendiri dan janin yang dikandung. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin dan ibu yang sedang hamil kini telah dihadirkan untuk anda produk herbalife untuk ibu hamil yaitu nutrisi shake mix dan protoin powder sebagai penambah protein gizi anda dan harga produk herbalife tersebut juga tidak terlalu mahal kedua produk tersebut biasanya dijual dalam satu paket khusus yang telah ditetapkan oleh distributor-distributor helbalife yang tersebar disetiap kota.