Manfaat Tribulus Untuk Sperma Dan Aturan Minum Yang Benar

Pria lebih sering terjadi gangguan seksual daripada wanita. Prevalensinya 10% terjadi pada semua usia, lebih dari 50% terjadi pada pria dengan usia antara 50 dan 70 tahun dan 40% dengan penurunan produksi sperma.

Menurut hasil penelitian National Health and Social Life Survey (NHSLS) dan Massachusetts Male Aging Study pada tahun 1992 , pertambahan usia pada pria secara positif berhubungan dengan penurunan libido dan kualitas sperma. Ini membuat pria dengan usia tersebut sangat sulit memperoleh keturunan.  Untuk mengatasi gangguan seksual itu, penggunaan obat yang memiliki khasiat afrodisiak mutlak diperlukan. Ia akan mening meningkatkan produksi hormone testosteron.

Dan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah tribulus terrestris.

Kenapa Tribulus Bisa Memperbanyak Sperma ?

Beberapa penelitian mengungkapkan jika, ekstrak Tribulus terrestris mengandung protodioscin. Ini adalah sejenis saponin yang dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, luteinizing hormone (LH), dehydroepiandrosterone (DHEA), dihydro-testosterone (DHT) dan dehydroepiandro-sterone sulphate.

Salah satu fungsi terbaik hormon testosteron adalah untuk produksi sperma. Penelitian pada tikus dilaporkan, memang terjadi peningkatan spermatosit primer, konsentrasi, dan morfologi spermatozoa pada kelompok tikus yang diberi ekstrak Tribulus terrestris dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi.

Dan faktanya Tribulus juga meningkatkan kualitas sperma.

Keberhasilan sperma untuk membuahi ovum ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah kualitas sperma yang terdiri dari konsentrasi, motilitas, dan morfologi spermatozoa. Pemberian jamu dengan Tribulus terrestris pada seorang pria akan memberi efek signfikan pada kualitas sperma mereka.

Efek Samping Tribulus

Efek Samping Tribulus terbilang kecil. Pemberian ekstrak ataupun ramuan herbal dalam bentuk kapsul ataupun rebusan daun  memiliki efek samping jika berlebihan. Yang sering  adalah menyebabkan sakit pada bagian perut. Bila hal ini terjadi, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi tribulus sebelum makan.

Aturan Minum Yang Benar

Untuk meningkatkan kualitas sperma, dosis yang disarankan untuk suplemen tribulus dalam bentuk ekstrak (saponin) adalah antara 200 hingga 300 mg yang harus dibagi antara sekali hingga tiga kali sehari. Dan jangan mengkonsumsi Tribulus Terrestris lebih dari dosis ini apabila anda tidak aktif secara fisik. Walaupun terbilang aman, sebaiknya berhenti sementara setelah menggunakannya selama 8 minggu.

Baca Juga : Manfaat Tongkat Ali