Banyak orang tidak menyadari bahwa alkohol meningkatkan risiko kedua jenis strok yang umum

Seperti telah kita lihaf meskipun konsumsi alkohol berat paling merusak pada tekanan darah, banyak yang menganggap dirinya peminum “ringan” juga berisiko. Kebenarannya adalah semakin banyak alkohol yang digunakan seseorang, maka akan semakin tinggi kecenderungan tekanan darahnya. Saya merekomendasikan bahkan pada pasien saya yang sehat untuk menghindari obat apapun yang menaikkan tekanan darah: tidak terkecuali alkohol.

bahaya alkohol

Tentu saia, menjauhi minuman beralkohol jadi lebih penting bagi mereka yang sudah mempunyai masalah tekanan darah. Sama sekali tidak masuk akal makan obat tekanan darah dan minum alkohol sekalipun dalam jumlah kecil.

Alkohol dan Stroke

Bertambahnya risiko strok, nomor dua dalam Gambar 8, berlaku baik bagi peminum moderat maupun berat. Kedua jenis itu adalah strok perdarahan yang disebabkan oleh perdarahan di dalam dan di sekitar otak, dan strok trombotik yang disebabkan oleh bekuan darah. Beberapa orang muda mungkin berkata,”Saya bukan peminum berat.

Saya tidak pernah minum lebih dari tiga gelas sekalipun itu padamalam akhir pekan.” Penelitian menunjukkanbahwa sekalipun tiga minuman bisa mengalami konsekwensi tragis, bahkan pada orang muda.

Risiko mereka enam sampai delapan kali lebih besar dengan hanya tiga kali minum. Mati dibawah usia muda 40 tahun dengan merusak diri dari penggunaan alkohol adalah tragedi dalam perbandingan yang tak terungkapkan. Kadar konsumsi demikian itu tidak jarang.

Sebuah survei tahun 1990 di seluruh negeri terhadaps ekitar 17.000 pelajar sekolah menengah atas senior menemukan bahwa 32 persen dari mereka melaporkan kejadian minum berat (lima gelasatau lebih) dalam waktu dua minggu terakhir.

Bukti baru-baru ini terhadap efek berbahaya dari minum secara moderat sangatlah penting. Sebelumnya beberapa orang menyarankan bahwa konsumsi alkohol moderat menurunkan risiko strok seakan tetapi, ada masalah tertentu dengan ketentuan itu. Pertama, tidak ada bukti bahwa orang yang sudah berada pada gaya hidup yang sempurna mendapat manfaat darialkohol bila berbicara mengenai pencegahan strok.

Kedua, seperti baru saja kita lihat, beberapa minuman ekstra pada akhir pekan secara dramatis meningkatkan risiko strok pada orang dewasa muda. Ketiga, salah satu jenis strok yang paling mematikan, strok perdarahan, telah diketahui bertahun-tahun bertambah oleh bahkan jumlah alkohol yang sangat sedikit.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *