Air Untuk Minum dan Mencuci Harus Cukup Bebas Kuman

air bersihAkan tetapi penelitian-penelitian lapangan secara konsisten menunjukkan bahwa begitu air memenuhi suatu standar minimum, jumlah air yang bisa sampai ke rumah-rumah lebih mempengaruhi kesehatan mereka daripada kebersihan air itu sendiri – suatu cerminan dari demikian pentingnya air bagi kebersihan. Walaupun para ahli persediaan air selama ini telah direpotkan dengan usaha mengimbangi obat alami untuk penyakit diabetes kering ledakan penduduk, proporsi penduduk dunia yang tinggal di dekat air yang sehat dan berlimpah telah meningkat secara ajeg (konsisten) semenjak pertengahan aibad ini. Namun, jumlah orang yang belum menikmati keadaan demikian tetap luarbiasa besarnya.

Dengan menganalisa keadaan semenjak tahun 1975 di semua negaranegara berkembang kecuali Tiongkok, Organisasi Kesehatan Sedunia memperkirakan bahwa 1,2 milyar penduduk atau 62 persen dari penduduk negeri berkembang hidup tanpa persediaan air yang cukup. Yang paling menderita adalah orang desa; empat-perlima di antaranya, dibanding dengan di antara penduduk perkotaan, sulit mendapatkan air bersih. Bahkan yang lebih menyedihkan lagi adalah kenyataan bahwa sistem-sistem pengairan kota di Afrika, Asia dan Amerika latin (dan juga di beberapa negara maju) hanya menyediakan air yang sulit dipertanggungjawabkan dari segi kesehatan.

Sistem air di kota seringkali mengalami pencemaran kalau ada pemasangan yang ilegal atau kalau tekanan air yang demikian berbeda-beda membuat air tanah yang sudah kotor menembus pipa-pipa. Menurut suatu penelitian WHO, sistem air perkotaan di negara-negara berkembang tidaklah diawasi sebagaimana mestinya guna mencegah kontaminasi biologis . Keadaan selokan di dunia bahkan nampaknya lebih suram daripada persediaan airnya sendiri. Salah satu zat paling berbahaya yang paling mengancam orang banyak, yakni lubang kotoran manusia yang dibuat secara serampangan, tidak begitu diperhatikan di negara-negara yang menggunakannya. Penyakit dan kematian yang disebabkan oleh’pencemaran lingkungan akibat kotoran manusia meminta korban jauh lebih banyak daripada polutan industri.

Selokan yang hanya digali adalah pembawa penyakit alat pencernaan yang paling penting (seperti diare, kolera, dan tipus) yang secara kolektif merupakan penyebab utama dari kematian di negara-negara yang jumlah seluruhnya mencakup dua-pertiga dari seluruh penduduk dunia. Penanganan yang ceroboh dari kotoran manusia juga menyebarkan par’asit-parasit yang melemahkan.