5 Hal Menakutkan Akibat Penyakit Diabetes

Tahukah Anda penyakit diabetes dapat menimbulkan penyakit lain yang membahayakan nyawa penderita diabetes? Ya benar, jika kadar gula penderita diabetes sering tinggi akan memicu terjadinya penyakit lain seperti:

1. Gagal ginjal

Gagal ginjalt

gagal-ginjaltFungsi utama ginjal yaitu menyaring zat-zat yang beracun, tetapi ketika kadar gula pada penderita diabetes cukup tinggi tugas ginjal bertambah berat. Ginjal akan menyaring gula gula yang berlebih agar dapat dikeluarkan melalui urine. Jika kadar gula sering tinggi mendorong ginjal untuk bekerja lebih keras lagi sehingga akan terjadi gangguan pada ginjal.
Bila ginjal tidak dapat berfungsi seutuhnya ini dapat dikategorikan penyakit ginjal tersebut sudah kronis. Pengobatan yang ditempuh biasanya dengan melakukan cuci darah. Dan biaya yang dibutuhkanpun untuk melakukan cuci darah tidaklah sedikit.

2. Amputasi Kaki
Luka pada penderita diabetes awalnya memang seperti luka bisa mungkin karena tergores, atau jatuh. Tapi lama-kelamaan jika luka ini tidak dirawat dengan baik dapat menjadi ulkus diabetes. Kadar gula yang meningkat membantu bakteri jahat berkembang di area sekitar luka sehingga membuat luka menjadi infeksi.
Jika luka mulai infeksi maka jalan terbaik menurut medis ialah dengan diamputasi. Namun, pada kenyataannya mereka sangat keberatan jika kehilangan sebagian tubuh mereka hilang. Tetapi jika ulkus diabetes dibiarkan ini akan beresiko kematian.

3. Retinopati Diabetik
Meningkatnya kadar gula juga dapat beresiko terhadap gangguan pengelihatan. Jika hal ini tidak segera ditangani, retina akan mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi seutuhnya. Bahkan resiko terberat yaitu kebutaan secara permanen.

4. Penyakit Jantung
Diabetes dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat menghambat masuknya nutrisi dan oksigen ke jantung. Jantung sendiri merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah, jika asupan nutrisi dan oksigen berkurang maka kinerja jantung tidak dapat berjalan dengan semestinya. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.

5. Meningkatnya Kolesterol dan Hipertensi
Karena diabetes kekurangn insulin atau insulin tidak dapat bekerja dengan normal, membuat kadar HDL (kolesterol baik) menjadi menurun sedangkan lemak berbahaya (trigliserida) akan meningkat. Jadi dapat disiimpulkan bahwa diabetes juga dapat memicu terjadinya penyakit kolesterol dan hipertensi.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *